Ribuan Buku Perpustakaan Terbengkalai di BATU


Ribuan Buku Terbengkalai Dorong Dana Pengelolaan

Ribuan buku bantuan dari Kantor Perpustakaan Kearsipan dan Dokumentasi Kota Batu terbengkalai. Tidak semua desa atau kelurahan mampu untuk mengelola buku bantuan yang berjumlah ribuan ini untuk dimanfaatkan masyarakat setempat. Hal tersebut dibenarkan oleh Wiwik Nuryati, Kepala Kantor Perpustakaan Kearsiapan dan Dokumentasi. Ribuan buku tersebut hingga kini masih tertumpuk di kantor kelurahan atau desa.

Banyak hal yang mengakibatkan buku-buku ini belum termanfaatkan oleh pihak desa atau kelurahan. Pertama, desa atau kelurahan belum memiliki perpustakaan desa, desa/kelurahan tidak memiliki personil yang bisa mengelola buku, ketiga desa/kelurahan tidak memiliki anggaran untuk mengelola buku tersebut. “Memang sebagian besar desa dan kelurahan belum bisa mengelola buku bantuan dari kami dengan baik,” ujarnya.

Terkait hal itu, Kantor Perpustakaan mengumpulkan pihak pemerintah desa/kelurahan dan Kelompok Pembaca Masyarakat (KPM). Pertemuan ini untuk mensinergiskan langkah antara pihak desa/kelurahan dengan KPM. Menurutnya ada perbedaan kondisi antara desa dan kelurahan. Sementara desa/kelurahan kebanjiran buku bantuan, KPM justru mengalami kekurangan buku.

Padahal, kata Wiwik, KPM rata-rata sudah memilih perpustakaan dan tenaga pengelola perpustakaan untuk menangani buku. Wiwik berharap lewat pertemuan ini terjalin komunikasi antara pihak desa/kelurahan dengan pihak KPM.

“Pengelolaan buku tersebut sebenarnya tergantung pada kebijakan desa/kelurahan. Tergantung omong-omongan antara kades/lurah dengan pengelola KPM, kalau buku tersebut mau diberikan kepada KPM untuk dikelola hal itu sangat baik,” ujar Wiwik sembari berharap komunikasi tersebut bisa menghasilkan kesepakatan hingga buku bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Wiwik berharap ada kebijakan dari Walikota Batu, Eddy Rumpoko memerintahkan desa dan kelurahan untuk mengalokasikan sebagian anggaran dari pos alokasi dana desa (ADD) untuk pengelolaan perpustakaan. “Kita berharap ada alokasi ADD untuk perpustakaan, biar semua perpustakaan di desa bisa hidup,” paparnya..jun-KP

Bagaimana jika pengelolan buku-buku tersebut diberikan kepada perpustakaan INDEPENDENT. bagi yang siap mengelola segera daftarkan perpustakaan anda

sumber koran pendidikan dot com

Kamis, 1 November 2012

Tentang Perpustakaan Harapan Bangsa|TBM umum gratis

Perpustakaan Gratis dan Pusat Taman Belajar Masyarakat Desa | Alamat Sekretariat : Jl. Klengkeng 9 A dusun Buntaran Desa Belung Rt 03 rw 05 Kecamatan Poncokusumo kab. Malang telpon(0341)9463046 | sms 0812 1682 6657 Membantu meningkatkan budaya baca masyarakat pedesaan | call me pleawse for participation. Media alternatif masyarakat desa belung menggali ilmu pertanian, ilmu beternak, ilmu bercocok tanam secara organiks, menemukan ketrampilan - ketrampilan alternatif masyarakat pedesaa. menyediakan literatur ekonomi praktis terapan yang berguna untuk memupuk jiwa wiraswasta masyarakat dan generasi muda pedaasaan. Buku tersedia gratis untuk di bawa pulang, Sedang dikembangkan pula perpustakaan -perpustakaan independent lain di Malang raya. call naow 0341 9463046 sms 0899 0386 292 www.harapan-bangsa.tk
Pos ini dipublikasikan di artikel perpustakaan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s